Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya

Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya Apa kabar Bunda Cantik Sahabat Ide Resep Masak, Pada Kesempatan kali ini, redaksi Ide Resep Masak mengulas artikel dengan Judul Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya. Kami telah mengulas resep menarik dan lezat dan tentu saja mudah untuk dicoba serta dipraktekkan sendiri oleh Bunda di rumah. Semoga ide resep masak kali ini bermanfaat untuk Bunda jadikan pedoman contoh dalam menyediakan hidangan masak untuk keluarga tercinta di rumah. Oke, Langsung saja simak ulasannya berikut ini..

Judul Artikel: Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya

lihat juga


Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya

Terima kasih mom @elizasetiawan atas Ide Resep Masaknya.

Soto Ambengan Surabaya
By @elizasetiawan

Indonesian soup nih, hampir tiap daerah punya soto khas masing-masing, yg ini soto ambengan khas Surabaya, menurut saya beda tipis sama soto lamongan. Sama-sama menggunakan koya, dan kuahnya kaya rasa.

Nah soto yg ini juga favorit di rumah. Pokoknya biar cuaca panas kami tetep suka makan soto, Indonesia banget! Keren ya, soto aja ada puluhan jenis, dan yg pernah saya coba mungkin baru belasan aja. Soto ini resepnya hasil nanya sama abang-abang soto yg enak banget jualannya. Udah lama banget deh nanya-nya, dan ngasihnya jg gak detail sih ya, namanya juga pedagang, hehehehe. Setelah saya oprek-oprek jadilah soto ini. Menurut saya rasanya udah enak dan segerrr.

Soto Ambengan Surabaya

Bahan2 :
1 ekor ayam kampung atau ayam ras jg ok
2 liter air
3 buah sereh, ambil putihnya aja, geprek
10 daun jeruk
Garam lada dan gula sesuai selera

bumbu halus:
12 siung bawang merah
6 siung bawang putih
kunyit sktr 4cm, sangrai
jahe sktr 2cm
6 butir kemiri, sangrai

resep untuk serbuk koya/poyah, haluskan :
4 buah kerupuk udang yg besar, digoreng
4 siung bawang putih, digoreng
sedikit garam


Pelengkap:
soun 
irisan kol
tauge
irisan daun bawang dan seledri
telur rebus
jeruk nipis

cara pembuatan:
1. Rebus ayam dengan api kecil hingga harum. (Saya biasanya rebusan pertama airnya dikit aja, trus dibuang. Rebusan kedua baru di simmer api kecil setelah mendidih, kurleb 45mnt) 
2. Panasi minyak goreng kurleb 2sdm, tumis bumbu halus+sereh+daun jeruk, sampai harum. Masukkan tumisan bumbu ke kuah rebusan
3. Goreng ayam sebentar saja, lalu disuwir2, kalo saya malah gak pernah digoreng lagi ayamnya. Biar gak kena minyak lagi
4. Seduh soun dengan air mendidih, tiriskan. Tata di mangkuk, beri kol+toge yg sdh direbus sebentar,  rebus, irisan daun bawang, bawang goreng dan ayam suwir 
5. Taburi serbuk koya/poyah,dan sambal rawit merah dan jeruk nipis


Demikianlah Mom Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya

Ulasan Ide Resep Masak kita kali ini Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya, Semoga bermanfaat bagi Bunda dalam menyusun hidangan lezat untuk keluarga tercinta.

Bunda sedang membaca Ide Resep Masakan Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya Link Tautan Resep ini adalah https://www.ideresepmasak.com/2018/10/ide-resep-masak-soto-ambengan-surabaya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ide Resep Masak Soto Ambengan Surabaya"

Posting Komentar